Pemdes Siru Dapat Bantuan Mesin Giling Tenaga Surya dari Startup Berbagi Listrik

pembangkit listrik tenaga surya

 

pembangkit listrik tenaga surya

Warga Kampung Copa, Dusun Poco Ndoang, Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, NTT gotong royong membangun rumah mesin giling dengan pembangkit listrik tenaga surya, Sabtu (21/03/2020).

Ibrahim, Sekdes Siru mengatakan, mesin giling tenaga surya yang akan diserahkan ke Dusun Poco Ndoang, adalah bantuan dari Berbagi Listrik. “Nantinya pembangkit listrik tenaga surya ini multifungsi, siang harinya bisa digunakan untuk menghidupkan mesin giling, malam harinya bisa dimanfaatkan untuk menerangi rumah warga,” kata dia.

Pembangunan Rumah Produksi Padi

Sementara itu, Ahmad Juri, Kepala Dusun Poco Ndoang menjelaskan, pembangunan rumah ini merupakan swadaya masyarakat. “Lahan tempat pembangunan rumah produksi ini juga hibah dari warga Kampung Copa,” ujar dia.

Warga Dusun Poco Ndoang, antusias menyambut mesin giling bertenaga surya seperti yang disampaikan Abdul Majid. Dia berterima kasih atas bantuan rumah mesin giling tenaga surya ini. “Kami ucapakan terima kasih kepada pemerintah desa dan tim Berbagi Listrik yang telah berupaya untuk pengadaan mesin giling di kampung kami.” Selama ini kami menghabiskan banyak waktu untuk giling padi di Kampung Kolong dengan jarak kurang lebih 3 KM,” ucap dia.

Program Pemberdayaan dari Berbagi Listrik

Irvan Hermala, Direktur Eksekutif startup Berbagi Listrik, mengatakan bahwa bantuan ini merupakan program pemberdayaan ekonomi bagi warga Kampung Copa. Kampung Copa, Desa Siru merupakan daerah yang belum menikmati akses listrik selama ini. “Kami berharap bantuan ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan menambah pendapatan warga melalui pemanfaatan bantuan ini,” ujarnya.

Program Berbagi Listrik di Kampung Copa, Desa Siru ini merupakan hasil donasi yang dikumpulkan oleh kitabisa dan telkomsel. Program ini bertujuan membantu para masyarakat Kampung Copa yang selama ini belum mendapatkan akses listrik. Selain itu, warga juga dan harus berjalan kaki 3 Km untuk menggiling padi di kampung sebelah. Rencana pemasangan listrik tenaga surya ini sendiri akan dilakukan pada bulan Juni 2020. Hal ini disebabkan tim Berbagi Listrik menunggu kondisi lebih kondusif terkait dengan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini.

Sumber:

Pemdes Siru Dapat Bantuan Giling Tenaga Surya dari Yayasan Berbagi Listrik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*