“5 Cara Memastikan Sedekah Online Terpercaya”

Berbagi Listrik - Sedekah Online Terpercaya

Bersedekah secara online kini telah menjadi pilihan bagi banyak orang. Sama halnya dengan transaksi lain, selain lebih cepat dan mudah, Anda juga dapat menghemat tenaga. Namun benarkah sedekah online terpercaya?

Serupa dengan menemukan toko online yang terpercaya, begitu pula dengan urusan zakat atau bersedekah. Bagaimana kita bisa tahu bahwa lembaga yang menawarkan jasa penerimaan sedekah online terpercaya? Dari mana kita tahu bahwa zakat atau sedekah yang kita berikan bisa sampai kepada mereka yang memang berhak menerimanya?

Transaksi Online, Rawan Penipuan?

Mereka yang berniat jahat memang kini semakin tidak tanggung-tanggung lagi. Tidak hanya berpura-pura sebagai pihak bank, mereka pun bisa membuka toko online palsu. Sejumlah uang yang sudah ditransfer bisa menguap entah ke mana. Barang pesanan yang sudah dijanjikan pun tak kunjung tiba. Apes jadinya.

Begitu pula dengan sedekah online. Alangkah sedihnya bila niat baik kita jadi gagal akibat penipu yang kian tega. Tidak hanya uang yang hilang entah ke mana, penerima zakat atau sedekah yang lebih berhak tidak mendapatkan apa-apa. Semua ini gara-gara lembaga amal yang ternyata jauh dari kata terpercaya, alias abal-abal.

Menyebut mereka sebagai pendosa memang lebih mudah. Namun, daripada hanya merutuki nasib dan mendoakan keburukan bagi mereka, ada baiknya kita melakukan tindakan pencegahan ini agar tidak sampai terjadi lagi.

Cara-Cara Menghindari Penipuan Berupa Sedekah Online

Pihak bank atau toko online mungkin sudah langsung merilis pemberitahuan begitu satu kasus penipuan yang mengatasnamakan mereka mencuat keluar. Begitu pula lembaga amal yang sudah punya nama dan terpercaya.

Lalu, bagaimana cara menghindari penipuan berupa sedekah secara online? Bagaimana cara memastikan bahwa lembaga yang menawarkan jasa berupa sedekah online itu terpercaya?

  1. Pastikan lembaga amal tersebut sudah dikenal dan memiliki izin yang jelas

Salah satu cara untuk memastikan hal ini adalah mencari referensi sebanyak mungkin. Misalnya: mengecek nama yang bersangkutan lewat mesin pencari atau rekomendasi dari banyak orang yang juga dapat dipercaya.

  1. Jangan mudah percaya dengan random email

Biasanya, email semacam ini lebih banyak masuk di spam. Namun, ada kalanya pihak ini juga mengirim tautan pesan lewat messenger di media sosial Anda. Bila tidak pernah merasa mengikuti newsletter mereka, abaikan saja atau blokir bila takut semakin mengganggu.

  1. Hindari masuk ke dalam website lembaga amal melalui

Meskipun niatnya supaya lebih cepat, identitas Anda bisa ditandai. Bila email-email mereka masih berakhir di spam, Anda masih lebih beruntung. Namun, bisa jadi mereka menyewa peretas untuk melacak akun Anda, termasuk akun bank.

  1. Cek gambar gembok di bagian URL browser website amal yang bersangkutan.

Adanya gambar ini menandakan bahwa website tersebut aman. Tidak hanya aman dari kemungkinan diretas lebih mudah, namun menunjukkan bahwa website tersebut sangat serius dalam soal keamanan.

  1. Telepon ke badan resmi yang bersangkutan bila tiba-tiba ada franchise tanpa berita resmi.

Penipu ulung di dunia maya tidak pernah tanggung-tanggung. Bahkan ada yang nekat menggunakan nama badan amal yang sudah terkenal untuk meraup untung. Bila tiba-tiba melihat website yang menyatakan diri mereka sebagai franchise atau bagian dari badan amal yang sudah terkenal, jangan langsung percaya. Telepon bagian pusat untuk memastikan.

Sedekah online memang mudah, namun Anda akan merasa lebih lega lagi bila beramal melalui lembaga yang benar-benar terpercaya. Jadi, pastikan beramal melalui sedekah online terpercaya supaya dana tersalurkan dengan baik.

 

Sumber:

https://forum.xl.co.id/discussion/59005/cara-aman-sedekah-online-agar-terhindar-dari-penipuan

https://id.techinasia.com/daftar-situs-bayar-zakat-online-di-indonesia

http://www.gomuslim.co.id/read/panduan/2017/01/28/3034/makin-mudah-berdonasi-ini-5-aplikasi-online-untuk-sedekah.html

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*